-->
banner here

Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Lengkap

advertise here
Cara Mengoptimalkan Google Webmaster - Seperti yang telah dibahas pada artikel Cara Cepat Postingan Terindex Mesin Pencari, bahwa untuk menjadikan sebuah blog atau postingan blog cepat terindex mesin pencari Google, salah satu yang wajib dilakukan adalah dengan mensubmitkan url postingan di Google Webmaster.

Namun jika tujuan utamanya adalah agar setiap postingan selalu berada dihalaman 1 dalam pencarian google atau biasa disebut pejwan, maka fungsi Google Webmaster harus benar-benar dioptimalkan. Tutorial mengenai ini memang sangat banyak ditulis oleh blogger, namun belum ada yang benar-benar membedah secara tuntas optimalisasi Google Webmaster ini secara rinci, masalah dan jalan keluarnya.

Google Webmaster mempunyai 8 menu utama, yaitu :

1. Dasbor Situs. 
2. Pesan Situs.
3. Tampilan Penelusuran.
4. Lalu Lintas Penelusuran.
5. Google Indeks.
6. Perayapan.
7. Masalah Keamanan
8. Sumber Daya Lainnya

1. Dasbor Situs

Sebagai halaman utama, Dasbor situs ini memuat status sebuah blog secara umun baik itu mengenai perayapan, penelusuran dan kondisi peta situs atau dikenal juga dengan sitemap. Disini dapat dilihat laporan umum kondisi sebuah blog.

2. Pesan Situs.

Jika pada blog terdapat hal-hal yang bersifat penting, maka webmaster akan mengirim pesan baik ke email maupun di webmaster sendiri. Pesan itu biasa nya berkaitan dengan settingan Webmaster, atau keamanan blog jika blog diserang oleh spam.

3. Tampilan Penelusuran.

Pada menu ini terdapat 4 submenu, yaitu :

Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Lengkap
a. Data Terstruktur.
Data Terstruktur menampilkan struktur yang ada di dalam sebuah blog yang difahami oleh Webmaster, semakin banyak data terstruktur, semakin mudah Webmaster dalam memahami dan mengindex sebuah blog. Disamping itu akan terlihat juga jika ada kesalahan pada data terstruktur.

Untuk melihat Data Terstruktur blog silahkan di tes melalui Alat Penguji Data Terstruktur pada Menu Sumber Daya Lainnya. Sebuah blog yang mengoptimalkan Data terstruktur akan berisikan banyak informasi seperti; preview blog, publisher terverifikasi, ekstrak data terstruktur. Contoh Data Terstruktur yang dioptimalkan silahkan lihat pada Data Terstruktur Blog Ini.

Untuk membuat Data terstruktur ini, dapat mengunjungi schema.org dan data-vocabulary.org

b. Penyorot Data
Alat ini merupakan salah satu pembuat data terstruktur sebuah blog, dengan melakukan penyorot data, diharapkan Webmaster memahami sebuah blog dan hal ini tentu saja akan membantu dalam kecepatan index artikel atau postingan blog.

Untuk memulai penyorot data, silahkan klik button Mulai Menyorot pada pojok kanan atas, kemudian masukan url atau link postingan, dianjurkan agar url yang dimasukan adalah url postingan yang sudah di postingkan lebih dari sebulan.

Pada Jenis Informasi Yang Akan Disorot pilih Artikel. Sedangkan pada pilihan dibawah nya pilih Tag Laman Ini dan Lainnya Yang Serupa, kemudian klik Oke, dan mulai lah sorot informasi data yang ada mulai dari Judul Artikel, Pengarang, tanggal dipublikasikan, gambar dan lainnya. Cara nya blok bagian yang akan disorot, dan tentukan sesuai pilihan yang ada pada pop-up yang muncul.

Jika semua data sudah disorot, klik button Selesai. Setelah itu akan muncul halaman tinjauan untuk membuat kumpulan halaman dengan 2 pilihan, disarankan untuk memilih menu Khusus, karena dengan memilih ini, kita dapat menentukan penyorot data berdasarkan Bulan, Tahun atau keseluruhan.

Jika penyorot data berdasarkan Bulan, maka Ganti Tahun pada url atau link dengan tanda bintang (*) 

contoh : http://candaqu.blogspot.com/*/12/*.html. 

Jika penyorot data berdasarkan Tahun dan Bulan, maka isikan tahun dan bulan yang akan disorot.

Contoh : http://candaqu.blogspot.com/2014/12/*.html 

Namun jika ingin menyorot seluruh isi blog, ganti semua nya dengan tanda bintang (*) dan jangan lupa untuk menambah .html (titik html) setelah nya, hal ini agar tidak ada duplikat konten nantinya.

Contoh : http://candaqu.blogspot.com/*/*/*.html 

Kemudian klik Periksa Kumpulan Laman, jika sudah terlihat bagus klik lagi Buat Kelompok Laman. Akan muncul lagi halaman penyorotan, jika tidak terdapat peringatan (Tanda Seru), pada bagian yang disorot, klik Button Berikutnya. Namun jika terdapat peringatan, perbaiki lagi bagian yang disorot.

Setelah semua nya selesai setelah pada halaman tinjauan semua nya terlihat bagus tanpa peringatan, klik lagi button Publikasikan. selesai sudah 1 penyorot data pada blog. Untuk artikel lengkap tentang Penyorot Data ini silahkan baca Cara Melakukan Penyorot Data Google Webmaster
Pastikan bahwa Template Blog tidak akan diganti lagi jika melakukan penyorot data, karena jika template diganti lagi, Data Terstruktur yang ada akan menjadi error atau rusak.
c. Penyempurnaan HTML
Sunmenu ini merupakan laporan atau indikator blog mengenai meta deskripsi dan meta tag blog. jika terdapat kesalahan atau duplikat segera perbaiki.

Secara garis besar, duplikasi terjadi karena 3 hal, Pertama karena bawaan template, Kedua karena setingan robots.txt, Ketiga karena Setelan pada Preferensi Penelusuran blog. Untuk mengatasi nya akan dibahas pada postingan Cara Mengatasi Duplikasi Meta Deskripsi dan Tag Judul.

d. Taut Situs
Tautan situs adalah tautan yang dihasilkan secara otomatis yang dapat muncul pada halaman pencarian, pada bagian ini, tidak dianjurkan untuk melakukan tindakan, biarkan Webmaster menentukan halaman mana yang akan dimunculkan, jika ditentukan dapat mengakibatkan postingan yang lain justru tidak muncul lagi pada penelusuran atau pencarian.

4. Lalu Lintas Penelusuran.

Pada menu ini, terdapat beberapa submenu sebagai berikut :

a. Kueri Penelusuran
Kueri penelusuran adalah kata atau kalimat yang dicari oleh pembaca dalam penelusuran yang merujuk kepada blog atau judul artikel, disini tergambar berapa banyak kueri, berapa kali tayangan dan berapa kali klik.

Untuk mengoptimalkan kueri yang ada, disini kita dapat memberikan Tanda Bintang yang terdapat pada kueri yang ada. 

b. Tautan Ke Situs Anda
Tautan ke situs ini lebih populer disebut backlink, disini dapat dilihat dari mana saja sebuah blog mendapatkan backlink.

c. Tautan Internal
Tautan Internal berisi laporan dari artikel mana saja sebuah artikel dalam satu blog dikunjungi oleh pembaca. Semakin banyak tautan internal, menandakan semakin populer dan semakin bermutu sebuah blog.

d. Tindakan Manual
Tindakan manual ini berisikan laporan tentang webspam yang mungkin kita sendiri yang tanpa sengaja membuat postingan atau script yang dianggap SPAM atau bisa juga oleh orang lain.

e. Penargetan Internasional.
Penargetan Internasional ini berfungsi untuk mengatur target pengunjung berdasarkan Bahasa atau Negara, Untuk penargetan berdasarkan bahasa, mesin pencari akan menampilkan blog atau artikel berdasarkan bahasa yang digunakan, walaupun beda negara.

Sedangkan untuk penargetan negara, mesin pencari lebih mengutamakan negara asal pembaca saat melakukan penelusuran.

Untuk menyeting penargetan bahasa sebenarnya ada 3 mekanisme namun untuk blogspot lebih gampang nya hanya dengan 1 mekanisme saja yaitu dengan menambahkan kode berikut bagian <head> template blog. kode ini untuk blog yang ditulis dengan bahasa indonesia.

<link expr:href='data:blog.url' hreflang='id-id' rel='alternate'/>

Sedangkan untuk penyetingan Negara dapat dilakukan dengan memilih negara penargetan.

 e. Kebergunaan Seluler
Disini kita akan mendapatkan laporan dan kesalahan blog jika di akses dari handpone, android dan sejenisnya. Jika terdapat kesalahan dapat dipastikan bahwa template blog yang dipakai tidak Responsive. Untuk menguji sebuah blog dapat mengunjungi Alat PageSpeed Insights pada menu Sumber Daya lainnya.

Disini akan terlihat saran-saran agar sebuah blog memiliki kecepatan akses, nilai minimal untuk sebuah blog agar dapat dikatakan bagus adalah 80/100.

5. Google Indeks.

a. Status Indeks
Status indeks menampilkan berapa banyak artikel atau postingan yang sudah terindeks dalam webmaster.

b. Kata Kunci Konten
Kata Kunci Konten lebih populer disebut keyword, disini ditampilkan apa saja keyword yang merujuk kepada blog atau artikel, ini juga bisa dijadikan pertimbangan dalam menulis artikel dan juga dalam penyetingan meta keyword blog.

Untuk meta keyword blog, jangan dicantumkan kata penghubung, seperti dan, yang, dengan, ini, pada dan lainnya karena nantinya akan dianggap sebagai keyword spam.

c. Hapus URL
Hapus URL berfungsi untuk menghapus sebuah url blog, ini akan sangat berguna jika ada laporan Kesalahan Perayapan, cara nya copy url yang salah atau url halaman yang tidak ditemukan atau lebih populer halaman 404, kemudian buat permintaan penghapusan.

6. Perayapan.

a. Kesalahan Perayapan
Pada submenu ini akan ditampilkan Data kesalahan perayapan yang diketemukan ketika Google Webmaster melakukan perayapan, seperti yang telah disinggung diatas jika terdapat kesalahan perayapan segera perbaiki, kapan perlu lakukan penghapusan url.

b. Statistik Perayapan.
Statistik Perayapan adalah gambaran kegiatan Googlebot atau robot google selama 90 hari terakhir, disini dapat dilihat berapa banyak laman yang dirayapi oleh robot google perharinya.

c. Ambil Sebagai Google
Alat ini sangat penting keberadaan nya karena merupakan satu-satu nya alat submite url ke Google Webmaster, seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, alat ini yang menjadi penentu cepat atau lambatnya sebuah blog atau postingan dirayapi dan di indeks oleh Google. Untuk lebih jelas nya silahkan baca kembali Cara Cepat Postingan Terindex Mesin Pencari.


d. Penguji robots.txt

Untuk blogger pemula, banyak yang mengabaikan keberadaan alat ini, padahal fungsi nya sangat vital. Alat ini menguji apakah robots.txt bekerja sesuai kaidah Webmaster dan keinginan kita atau malah akan membuat banyak postingan yang justru menjadi dicekal dan terdapatnya banyak duplikat konten.

Untuk itu pastikan bahwa setingan robots.txt optimal agar seluruh artikel atau postingan dapat diindeks oleh Webmaster tanpa ada nya duplikat meta deskripsi atau duplikat konten.

Untuk blog ini sendiri menggunakan setingan robots.txt sebagai berikut :


User-agent: Googlebot
Disallow: /search

User-agent: *
Disallow:
Allow: /
Sitemap:http://candaqu.blogspot.com/sitemap.xml



Sedangkan cara penyetingan nya akan dibahas lebih detail pada artikel Cara Setingan Robots.txt.

Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Lengkap
e. Peta Situs
Peta situs atau populer disebut sitemap, ini merupakan daftar isi dari sebuah blog, dapat berupa kode html atau berupa list.  Disini akan ditampilkan berapa jumlah artikel yang sudah terkirim dan berapa yang sudah terindeks dan juga akan menampilkan jika terdapat kesalahan dalam peta situs itu sendiri.

Untuk menambahkan peta situs, silahkan baca kembali artikel Cara Cepat Postingan Terindex Mesin Pencari.

e. Parameter URL
Parameter URl berfungsi untuk mengatur parameter yang ada pada blog agar webmaster lebih efektif dalam melakukan perayapan. misal nya jika kita tidak ingin url hasil perayapan dari ponsel maka kita dapat menambah parameter bahwa ?m=1 tidak dirayapi. 

Namun jika kurang yakin dengan setingan parameter yang akan dibuat sebaik nya tidak usah melakukan perubahan.

Untuk Masalah Keamanan dan Sumber Daya Lainnya dapat dipelajari melalui Google Webmaster, demikianlah Cara Mengoptimalkan Google Webmaster Lengkap, semoga bermanfaat.