-->
banner here

Penyebab Menurunnya Pendapatan Iklan Google Adsense

advertise here
Penyebab Menurunnya Pendapatan Iklan - Sejak awal Januari 2016 ini pendapatan iklan khususnya Adsense Google menurun drastis, setidaknya itu yang saya alami, kalau dilihat dari jumlah pengunjung (PV) tidak ada yang berubah. walaupun ada penurunan namun tidak begitu signifikan, dari tata letak iklan pun tidak ada yang berubah, hal ini yang membuat tanda tanya mengapa pendapatan iklan menurun drastis.

Beberapa saran Optimalisasi yang diberikan oleh Google pun sudah dilakukan, perbaikan tata letak iklan pun sudah dilaksanakan, namun tetap saja pendapatan tidak seperti biasanya, dari pendapatan $20 - $25 perhari, menurun menjadi $7 - $9 saja perharinya.

Setelah kesana-kemari mencari penyebabnya, ternyata ini yang mempengaruhi sehingga pendapatan iklan menurun drastis.

Penyebab Menurunnya Pendapatan Iklan Google Adsense
1. Hal pertama yang mempengaruhi adalah semakin meningkatnya pengunjung yang menggunakan smartphone, seperti kita ketahui dengan masih mahalnya biasa akses internet di Indonesia mengakibatkan pengguna smartphone sangat berhati-hati dan berusaha sehemat mungkin dalam menggunakan paket data. Hal ini berakibat juga kepada klik iklan yang semakin menurun.

2. Sejak Mozilla Firefox mengupgrade ke versi 44 dan sekarang ke versi 45, script iklan tidak lagi terbaca seperti di blokir begitu juga dengan script facebook dan beberapa script lainnya, sehingga pengunjung hanya akan melihat halaman kosong tanpa iklan. Dan menurut pendapat saya hal inilah yang menjadi penyebab utama menurunnya pendapatan iklan.

Seperti kita ketahui hampir 50% dari grafik klik yang ada terjadi dari desktop, nah sedangkan pengunjung desktop yang memakai Mozilla saat ini tidak lagi melihat iklan tentu saja tidak ada yang akan di klik. Semoga saja Mozilla segera memperbaiki browser nya.

Itulah sekedar analisa sederhana Penyebab Menurunnya Pendapatan Iklan Google Adsense, Kalau sobat blogger punya pendapat lain silahkan berbagi di kotak komentar, semoga bermanfaat.